Selasa, 14 Februari 2017

Mendatangkan Pengunjung ke Blog

Ada yang bilang no traffic no money, ada juga yang bilang traffic nomor 2 yang penting deal dan closing, traffict = visitor = pengunjung. Nah ini dia bagaimana cara Mendatangkan Pengunjung ke Blog kita?


Memang begitulah ya, setiap orang bebas berbicara apa saja tentang pemasaran secara online, ada yang bilang bisa bahwa no traffic no money. Benar juga kalau kita punya blog atau website kan tidak ada gunanya kalau misalnya tidak ada pengunjungnya. Padahal pengunjung itunya yang kemungkinan menjadi pembeli atau sering disebut orang dengan Konversi. 

Misalnya begini, kalau dalam 1hari ada yang mengunjungi website atau blog anda sekitar 100 orang maka kemungkinan bertanya bisa 10% x 100 pengunjung = 10orang. Kita kalikan sajalah 1% dari pengunjung yang bertanya berarti = 10orang x 1% = 1 orang. Jadi untuk menjadi pembeli itu kita harus mendatangkan pengjunjung 100orang, repot juga ya... wwkwk

Coba bandingkan kalau anda harus pergi ke rumah-rumah untuk mendapatkan calon prospek dengan cara yang sama, yaitu untuk mendapatkan 1 orang pembeli, ternyata harus mengunjungi paling tidak 10 orang calon yang berminat dan 100 orang daftar nama calon prospek, bisa habis berapa bulan itu? repot juga ya, tapi itulah yang dilakukan ketika masih menggunakan marketing secara offline.

Nah balik lagi ke pertanyaan, bagaimana cara mendatangkan pengunjung ke blog kita? itulah pertanyaan yang sering masuk ke saya, begitu saya berbicara tentang, apakah sudah punya blog? hmm, sebenarnya kita sering melompat terlalu jauh, belum punya blog, tapi sudah pusing memikirkan bagaimana cara mendapatkan pengunjung. Oklah, tapi gpp, saya coba yang simpel-simple saja dulu ya, karena saya juga masih belajar kok :
  1. Tentukan niche blog anda. Contoh : Jika anda punya produk tentang keuangan, maka tulislah disana yang berhubungan dengan keuangan. Apalagi masih pemula jangan takut, karena seiring dengan kebiasaan kita menulis, lama2 akan menjadi hebat kok, terus aja dilakukan.
  2. Pilih Kata Kunci atau Keyword yang cocok untuk niche anda. Nah ini penting, sebaiknya gunakan kata kunci yang dicari oleh para calon pelanggan anda agar cocok dengan niche website atau blog anda, tapi kembali lagi, jangan pusing dulu, buat aja dulu blognya dan isi artikelnya.
  3. Isi Artikel yang bermanfaat. Ada yang bilang 'content is the king' artinya isi artikel anda harus menarik. Menarik itu tidak harus copy paste dari orang lain, tapi paling original. Kalau saya lebih cenderung, bagaimana orang bisa paham apa yang anda sampaikan dan bermanfaat.
  4. Share ke Sosial Media. Ya, enaknya sekarang, bahwa begitu ada tulisan lansung bisa share ke sosial media, jadi enak, ini bisa menjadi sumber pengunjung. Apakah itu facebook, instagram, google plus dan lainnya. Hanya saja ini penting sekali, harus tersegment. Contoh facebook anda selama ini kalau gabung semua disana, apakah itu teman sekolah, teman tk, teman arisan dan lain-lain, ada baiknya anda mulai seleksi atau buat list pertemanan sesuai dengan interestnya. Jadi mereka memang suka dengan apa yang anda share dari blog. Agar lebih jelas begini, kalau blog anda tentang produk kecantikan, maka sebaiknya facebook anda juga berteman dengan orang-orang yang suka dengan produk kecantikan, jadi mereka bisa menjadi pengunjung anda. Disisi lain juga anda boleh bergabung dengan grup2 yang berkaitan dengan produk kecantikan dan share blog anda disana.
Selain itu juga sebenarnya masih banyak cara, bisa dengan melakukan broadcast via BBM atau WA bisa juga via SMS. Jika semakin mahir bisa menggunakan teknik SEO, sebelumnya sudah pernah dibahas. Tetapi yang paling pengting itu sekarang aktif dulu menulis diblognya. Anda siap???


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadilah yang pertama untuk berkomentar dan memberikan masukan untuk tulisan - tulisan ini demi kesempurnaan